Baksos Kader Angkatan 2011 FK-Unismuh Makassar

SINJAI – Berkaitan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, BEM FK Unismuh divisi Pengabdian Masyarakat bekerja sama dengan TBM (Tim Bantuan Medis) FK Unismuh melaksanakan kegiatan khitanan massal. Didahului acara pelepasan oleh wakil dekan III (dr.Andi Tenri Padad) ,jumat (17/5/2013) sekitar pkl.15.00 WITA panitia berangkat dari makassar ke Sinjai. Panitia sebanyak 89 orang yang terdiri atas angkatan 2011 dan 2012 dengan dua dokter penanggung jawab yaitu dr.Yasser Ahmad Fananie dan dr. Andi Pudya berangkat lebih awal. Sedangkan dr. Munawir sebagai dokter penganggung jawab dan TBM menyusul ke tempat kegiatan malam harinya.

Panitia sampai di Kota Sinjai sekitar pkl. 23.00 WITA. Seluruh panitia menginap di penginapan yang telah disediakan yaitu di salah satu rumah panitia berlokasi di Sinjai Utara. Selanjutnya dilakukan briefing pada pukul 23.58 WITA yang dihadiri seluruh panitia dan dokter penanggung jawab untuk kejelasan tekhnik, perlengkapan dan persiapan yang akan digunakan untuk kelancaran kegiatan .

Sabtu (18/5/2013), Khitanan massal dipusatkan didua tempat yaitu di Puskesmas Sinjai Borong dan di Puskesmas Sinjai Utara. Puskesmas Sinjai Utara berada di kota sedangkan Puskesmas Sinjai Borong berada di desa yang menghabiskan waktu satu jam dari kota, sehingga panitia yang bertugas di desa berangkat lebih awal, pkl. 07.20 WITA.  Di puskesmas Sinjai Borong terdapat 41 pasien dan Sinjai Utara 66 pasien sehingga terdapat pembagian tugas oleh panitia divisi acara didua tempat yang disesuaikan dengan jumlah pasien yang ada. Khitanan massal dilakukan secara serempak pada dua tempat tersebut yaitu pkl. 09.00 WITA dengan konsep pembagian 9 kelompok setiap satu putaran. “Satu kelompok terdiri dari 3 orang yaitu operator, asisten 1 dan asisten 2 sedangkan omlop dan sterilisator telah dibagi berdasarkan pergantian kelompok.” kata Akhsanul Kaffi selaku ketua panitia.

Kegiatan khitanan massal ini disambut baik oleh dokter di puskesmas dan masyarakat setempat. Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian FK Unismuh Makassar kepada masyarakat kurang mampu. Selain itu khitanan massal diadakan untuk meningkatkan rasa kepedulian terhadap sesama. Sehingga berawal dari niat yang baik menghasilkan sesuatu yang baik. Tidak ada hambatan berarti yang didapatkan  selama kegiatan. Segala kekurangan mampu teratasi dengan koordinasi yang baik.

Kegiatan khitanan Massal didua tempat ini selesai sekitar pkl. 17.45 WITA. Panitia yang bertugas di Puskesmas Sinjai Borong tiba di kota pkl 20.00 WITA. Pukul 23.00 WITA,  Setelah seluruh panitia lengkap, dilakukan rapat evaluasi kegiatan bersama TBM dan dokter penanggung jawab.

Minggu (19/5/2013) seluruh panitia dan dokter penanggung jawab bersiap untuk kembali ke makassar. Ucapan terimakasih terucap untuk semua yang terlibat dalam pengadaan kegiatan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*