Dosen FK Unismuh Perdalam Spesialisasi Mata di Jepang

dokter irga paling kiri, dokter akhyar paling kanan

KULIAH DI JEPANG. Dosen Fakultas Kedokteran Unismuh Makassar, dr Miftahul Akhyar Latief PhD SpM MKes (paling kanan) foto bersama Head of Department of Ophthalmology and Visual Science, Hiroshima University Hospital, Prof Yoshiaki Kiuchi MD PhD (tengah), dan Wakil Dekan III FK Unismuh dr Irwan Ashari MmedEd, di Ruang Kerja Dekan FK Unismuh Makassar. Miftahul Akhyar Latief akan kuliah selama satu tahun di Jepang untuk memperdalam spesialisasi mata. (ist)

———

Dosen FK Unismuh Perdalam Spesialisasi Mata di Jepang

- Sekaligus Jajaki Kerjasama dengan Hiroshima University

Salah seorang dosen Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, dr Miftahul Akhyar Latief PhD SpM Mkes, akan mengikuti program Fellowship of Cornea and Refractive Surgery, di Hiroshima University Hospital, Jepang.

“Status saya disana, Fellow dan Visiting Professor, selama satu tahun. Ini merupakan beasiswa dari Department of Ophthalmology and Visual Science, Hiroshima University Hospital,” ungkap Miftahul Akhyar Latief kepada wartawan di Makassar, Selasa, 05 September 2017

Program tersebut, katanya, merupakan salah satu cara dalam peningkatan mutu dosen FK Unismuh, sekaligus sebagai upaya dalam peningkatan mutu dokter spesialis mata, khususnya untuk pelayanan transplantasi kornea serta bedah refraksi di kota Makassar dan sekitarnya.

“Ini juga sekaligus bentuk penjajakan untuk kerjasama antara Hiroshima University dengan Unismuh Makassar,” kata Akhyar yang dibenarkan Dekan FK Unismuh Dokter H Mahmud Ghaznawie PhD SpPA(K).

Selama satu di Jepang, Akhyar akan mempelajari bedah katarak dengan tehnik phacoemulsification, bedah transplantasi kornea, serta bedah refraksi lasik dan femtosecond laser.

Setelah menyelesaikan program satu tahun di Jepang, maka dokter Akhyar akan melanjutkan lagi di Indonesia hingga menjadi Konsultan Cornea and Refractive Surgery.
Saat ditanya tentang promotor yang membimbingnya, Akhyar menyebut tiga promotor dari Indonesia dan dua promotor dari Jepang.

Ketiga promotor dari Indonesia yaitu dr Mahmud Ghaznawie PhD, Dr dr Noro Waspodo SpM, dan Dr dr Habibah S Muhiddin SpM(K), sedangkan dua promotor dari Jepang yaitu Prof Yoshiaki Kiuchi MD PhD, dan Taiichiro Chikama MD PhD.

“Saya mengajukan tiga promotor dari Indonesia dan dua dari Jepang, dan alhamdulillah diterima,” kata Akhyar yang kelahiran Makassar tahun 1981. (win)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*