Mewakili Sul-Sel, Mahasiswa Kedokteran Unismuh Jadi Delegasi Pertukaran Pemuda Antar Negara

Mahasiswa Kedokteran Unismuh Jadi Delegasi Pertukaran Pemuda Antar Negara

Mahasiswa Kedokteran Unismuh Jadi Delegasi Pertukaran Pemuda Antar Negara

Muhammad Hardian Nugraha Syam, Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Makassar terpilih menjadi salah satu delegasi mewakili seluruh Pemuda Provinsi Sulawesi Selatan dan diamanahkan sebagai Youth Leader dalam program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) ¬Indonesia-China Youth Exchange Program 2016. Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) ini merupakan program tahunan Kementrian Pemuda dan Olahraga dengan tujuan untuk membina pemimpin muda Indonesia yang memiliki pengetahuan global dalam berkontribusi bagi bangsa dan negara.
Program ini dilaksanakan selama 14 hari (18 september – 2 oktober 2016)  yang terbagi dalam 3 fase. Pre-Departure Training di Jakarta 2 hari yaitu pembekalan tentang persiapan keberangkatan dan penjabaran deskripsi program. kemudian fase Program 10 hari di Tiongkok dan Re-Entry 2 hari sebagai evaluasi setelah kegiatan dan persiapan Post Program Activity.

Selama di Tiongkok peserta mengunjungi 3 kota besar, Yaitu Beijing, Yinchuan dan Shanghai. Di Beijing peserta mendapatkan kesempatan untuk berkunjung ke Perusahaan Konstruksi dan Kereta Api terkemuka Tiongkok, kemudian menuju Tembok Besar China untuk mempelajari sejarah dan kebudayaan Tiongkok. Selanjutnya di Yinchuan, Provinsi Ningxia, peserta mempelajari budaya Islam di Tiongkok dengan mengunjungi Museum Kebudayaan dan Islamic Centre, kantor Pengembangan Wilayah Kota, pusat pertanian untuk belajar teknik pertanian modern, pusat IT, Pusat Kesehatan Yinchuan yang memadukan teknik Kedokteran Modern dan tradisional. Kota terakhir yang dikunjungi adalah Shanghai yang merupakan salah satu kota yang paling modern dan sebagai pusat bisnis.

Program ini diharapkan dapat membina insan muda calon pemimpin masa depan yang memiliki pengetahuan secara menyeluruh untuk membangun Indonesia masa depan yang berkemajuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*