Pengakaran ISMKI di FK-UNISMUH Makassar

Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran

Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran

Pengakaran ISMKI adalah suatu proses pengenalan Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran (ISMKI) kepada mahasiswa-mahasiswa baru (MABA) demi memperkenalkan mereka tentang organisasi Mahasiswa kedokteran sejak 1908 oleh budi Utomo saat itu masih STOVIA, dilanjut dengan Deklarasi Cimacan tahun 1969 adalah deklarasi para mahasiswa kedokteran Indonesia yang bersepakat untuk bersatu/mengikatkan diri dalam wadah keluarga besar Ikatan Mahasiswa Kedokteran Indonesia (IMKI). dan Perubahan IMKI menjadi ISMKI yang di deklarasikan di Makassar tepatnya pada tanggal 20 september 1981 yang pada saat itu juga langit-langit sedang terang benderang dan dipercantik oleh awan biru yang terkesan mengisaratkan bahwa organisasi ISMKI kelak dikemudian hari akan terus membesar (expanding) dan bermanfaat bagi masyarakat kedokteran indonesia khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Saat itu Pengakaran ISMKI dilakukan di Fak.Kedokteran Unismuh angkatan 2012. Oleh Sekjenter Saat itu yakni kak Rais Reskiawan dari Univ.Hasanuddin Makassar.

Hari Rabu, Tanggal 10 April 2013; 17.45 – 18.20 Wita. Saat pengakaran dijelaskan oleh kakanda Sekjenter bahwa satu-satunya organisasi yang diakui oleh Negeri ini sebagai satu-satunya organisasi yang bergerak dalam lingkup Mahasiswa Kedokteran dan telah diberikan SK oleh negara dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

ISMKI yang saat itu (2013) memiliki keanggotaan 72 Fakultas Kedokteran (70 anggota Biasa dan 2 anggota muda), merupakan suatu kesatuan dalam satu wadah, satu lingkup yakni ISMKI dengan jargon, “are we a friend’s? NO, WE ARE FAMILY”.

Dijelaskan juga bahwa syogya-nya lah kita mahasiswa sebagai agent of change dalam hal pengembangan kesehatan di Indonesia dapat saling berinteraksi satu sama lain dengan mahasiswa kedokteran yang lain yang tersebar dari sabang hinga merauke, menjalin jaringan, demi menunjang akademik dan organisasi kedepannya.

Pengakaran ini disaksikan langsung oleh angkt.012 FK UNISMUH. (T12IGEMINU5) berjumlahkan kurang lebih 90-an. Sangat antusias dengan penjelasan kakanda Sekjenter.

Itu nampak dari interaksi saat sesi tanya jawab dan juga saat deklarasi Hasanuddin.

nah, inilah salah satu kegiatan penguatan ISMKI di Fakultas Kedokteran saat periode BEM 2012 – 2013.

#Untuk mengubah suatu dunia, ubahlah diri anda terlebih dahulu, lalu keluarga anda, lalu lingkungan anda, lalu negara anda, dengan demikian secara otomatis anda dapat mengubah dunia.

mengubah dunia tidak mudah, mengubah dunia tidak seperti membalikkan membalikkan, mengubah dunia tidak dapat dengan duduk bersantai saja. Namun dibutuhkan usaha yang optimal dan maksimal, dan itu dimulai dari diri sendiri.

HIDUP MAHASISWA :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*