Bupati Adnan Purichta Dukung Pembangunan Gedung Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Unismuh 12 Lantai di Gowa
January 18, 2022 No Comments news fkunismuh

Pimpinan Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar silaturahmi dengan Bupati Gowa Dr Adnan Purichta Ichsan, di Kantor Bupati Gowa, Selasa, 18 Januari 2022.

Pimpinan Unismuh yang hadir, yakni Ketua Badan Pembina Harian (BPH) Prof Gagaring Pagalung, Rektor Prof Ambo Asse, Wakil Rektor I Dr Abd Rakhim Nanda, Wakil Rektor II Dr Andi Sukri Samsuri, Wakil Rektor IV Drs Mawardi Pewangi MPdI, dan Dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Unismuh Prof Suryani As’ad.

Dalam kunjungan ini, Prof Ambo Asse menyampaikan bahwa aset terbesar Unismuh berada di Kabupaten Gowa. Aset tersebut antara lain, Rumah Sakit Unismuh yang akan segera beroperasi di Jl Tun Abd Razak, pabrik jagung di Doja-Limbung, pusdiklat dan peternakan ayam di Bollangi, pesantren Darul dan Faallah di Bissoloro.

“Oleh karena itu, penting bagi kami untuk senantiasa menyampaikan apa yang telah dan akan kami lakukan di Kabupaten Gowa kepada Pak Bupati,” jelas Rektor Unismuh.

Unismuh dalam waktu dekat, kata Prof Ambo Asse, akan melakukan pemasangan tiang pancang Gedung Fakultas Kedokteran Unismuh, di samping rumah sakit Unismuh, Jl Tun Abd Razak, Gowa.

Ketua BPH Unismuh Prof Gagaring Pagalung mengungkapkan untuk pembangunan Gedung Fakultas Kedokteran, pihaknya sudah membeli lahan seluas dua hektar dari empat lokasi yang ada di dekat Rumah Sakit Unismuh.

Saat ini, kata Prof Gagaring, Unismuh sedang mengurus Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) dan berkonsultasi dengan Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Gowa untuk pengurusan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

“Jadi nanti kami akan membangun Center Point bidang Kesehatan di Kabupaten Gowa. Selain ada Rumah Sakit, ada juga pusat pembelajaran bidang kedokteran, farmasi, keperawatan, kebidanan. Insyaallah kedepan ada kedokteran gigi dan Kesehatan masyarakat,” tambah Gagaring,

Dekan FKIK Unismuh Prof Suryani As’ad menambahkan, pihaknya berterima kasih atas Kerjasama Rumah Sakit Syekh Yusuf milik Pemkab Gowa, yang telah bekerjasama selama 10 tahun terakhir, sebagai rumah sakit Pendidikan bagi mahasiswa kedokteran Unismuh.

“Fakultas Kedokteran Unismuh sudah 10 Tahun berdiri, dan sudah sejak itu bekerjasama dengan RSUD Syekh Yusuf,” tutur Prof Suryani.

Apresiasi Bupati

Rencana pembangunan Fakultas Kedokteran Unismuh Makassar tersebut disambut baik oleh Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan.

Dirinya juga menyampaikan terima kasih atas rencana Pembangunan Fakultas Kedokteran dan RS Unismuh yang sementara dalam pengurusan perizinan di Kabupaten Gowa. “Jika gedung ini selesai, maka akan menjadi gedung tertinggi di Kabupaten Gowa,” ujarnya.

Adnan berharap, sebagai tahap awal, Unismuh membangun rumah sakit tipe C. Saat ini di Kabupaten Gowa, hanya satu Rumah Sakit Tipe C, yakni RS Thalia yang juga merupakan RS Swasta.

“Dengan sistem rujukan berjenjang dari BPJS, tidak semua masyarakat bisa langsung mengakses RS Syekh Yusuf yang bertipe B. Mesti ada rujukan dulu dari RS Tipe C. Jadi kalau ada RS Unismuh bertipe C, akan sangat membantu masyarakat Gowa,” kata Adnan.

Dalam silaturahmi ini, Adnan didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Gowa, Rusdi, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Gowa, Abdullah Sirajuddin.

Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Gowa, Ismail Majid, Pelaksana tugas (Plt) Direktur Utama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Gowa, Zainuddin Jufri dan Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa, Rieke Susanti.

About The Author
X