Assalamu’alaikum wr wb

Selamat berjumpa di website Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Makassar. Sebagai pusat pengembangan Kawasan Timur Indonesia, posisi kota Makassar sangat strategis di Indonesia. Oleh karena itu FK Unismuh Makassar harus bisa memanfaatkan peluang ini dengan sebaik-baiknya. FK Unismuh Makassar bercita-cita menjadi Fakultas Kedokteran yang menghasilkan lulusan dokter yang islami dan unggul di bidang penanganan kegawatdaruratan medik.

Salah satu misi kami adalah mengembangkan pendidikan dokter berbasis teknologi informasi (TI). Oleh karena itu ketersediaan sarana-prasarana TI untuk menunjang tata kelola yang baik (good governance) dan proses belajar-mengajar mahasiswa merupakan prioritas kita. Ini bisa dibuktikan dengan lengkapnya fasilitas TI yang tersedia, mulai dari Lab Komputer berkapasitas besar, ICT Center, bandwidth internet yang cepat, Sistem Informasi Manajemen terpadu guna menunjang tata kelola yang transparan dan efektif, sampai penyediaan perpustakaan digital (DigiLib) yang sangat lengkap. Dari DigiLib ini mahasiswa bisa mengakses sangat banyak buku ajar kedokteran maupun video kuliah kedokteran dan video animasi yang sangat membantu belajar mahasiswa. Penggunaan TI untuk tata kelola dan proses belajar mengajar ini sesuai dengan cita-cita fakultas yang ingin mengembangkan tata kelola yag ramah lingkungan, menuju tata kelola paperless.

Mulai tahun 2019 mahasiswa baru FK Unismuh Makassar diwajibkan memiliki komputer atau HP/Tablet untuk menunjang belajarnya. Banyak tugas (assignments) yang disampaikan melalui Learning Management System (LMS) yang bisa diakses melalui jaringan internet. Dengan demikian prinsip student centered learning bisa diterapkan dengan baik. Mahasiswa bisa membawa ‘perpustakaan pribadinya’ kemana-mana dan bisa belajar kapan saja, dimana saja, sesuai keadaan masing-masing. Bahkan mengerjakan tugas mandiri maupun kelompok juga menjadi sangat fleksibel.

Melalui website ini, selain memperkenalkan diri kami juga membuka pintu kerjasama dengan semua pihak, terutama para pengajar dan peneliti di bidang kedokteran, baik di dalam maupun luar negeri. Bidang kegawatdaruratan medik merupakan bidang unggulan di FK Unismuh Makassar. Kerjasama bisa dalam bentuk pertukaran mahasiswa, pertukaran staf pengajar, kuliah tamu, mengadakan seminar bersama, bench marking, sampai dengan penelitian bersama. Sudah barang tentu kami juga membuka diri untuk bekerjasama di bidang-bidang kedokteran lainnya.

Semoga website ini bisa menjadi awal perkenalan kita untuk membangun kerjasama lebih lanjut ke depan. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin.

Billahittaufiq wal hidayah

Wassalamu’alaikum wr wb

Prof. Dr. dr. Suryani As’ad, M.Sc., Sp.GK(K

Dekan

X