Periksa Korban Gempa Sulbar, Relawan Medis MDMC Sulsel FK Unismuh Terapkan SOP Covid-19
January 20, 2021 No Comments covid19,news fkunismuh

MAMUJU – Relawan Medis MDMC Sulawesi Selatan dari Fakultas Kedokteran Unismuh Makassar Terjun di Kecamatan Simborong dan Tappalang Barat untuk korban gempa di Sulawesi Barat.

Yaitu di Desa Pattidi Kecamatan Simborong dan Desa Hua Kecamatan Tappalang Barat dengan total pasien kurang lebih sekitar 100an warga.

Relawan medis, dr A. Muh Rifqi Ismulail Menyampaikan, Standar operasional prosedur yang ia laksanakan adalah setiap warga diberi edukasi dan melaksanakan cara mencuci tangan pakai sabun dengan baik dan benar dan dibagikan masker sebelum dilakukan pemeriksaan secara komprehensif.

“Disamping Pembagian Vitamin dan Minyak Kayu Putih Tak lupa kita kelompokkan pasien rawat jalan dan rawat inap serta yang butuh di follow up,” kata Rifqi, Rabu (20/1/2021).

Relawan Medis MDMC Sulsel yang bertugas adalah dr. Rifqi bersama Dokter Muda Sadikin, Wahyudi dan Baso. Tim Medis ini akan dilakukan Pergantian dan Peremajaan Tim Medis Setiap pekannya.

“Setelah kami melakukan assement di Lokasi pengungsian, ada warga yang kami dapatkan mayoritas di pengungsian mengeluh batuk, nyeri kepala, Dermatitis, hingga ada yang punya riwayat Hipertensi,” tuturnya.

Untuk itu, tambahnya, ia memberikan obat-obatan simtomatis dan vitamin untuk daya tahan tubuh, serta minyak kayu putih, dan susu 6 bulan untuk anak.

“Tak lupa kita edukasi dengan baik untuk menjaga protokoler kesehatan yaitu memakai masker, mencuci tangan dan jaga jarak dan jika kondisinya tidak stabil segera dibawah ke Rumah Sakit untuk dirujuk dan rawat inap. ” tutupnya

About The Author
X