SEJARAH FAKULTAS KEDOKTERAN UNISMUH

Pendirian Fakultas Kedokteran Unismuh Makassar berawal dari kunjungan Pembantu Rektor I Unismuh Makassar Abdul Rahman Rahim (Tahun 2006) ke Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI dan diterima langsung oleh Mendiknas RI Prof. Dr. Bambang Sudibjo maksud utama kunjungan adalah membicarakan izin pembukaan Program Magister Manajemen Unismuh Makassar, di sela pembicaraan dengan Mendiknas RI yang juga dihadiri oleh Prof.Dr.H.A.Karim Saleh (guru Besar Ekonomi Unhas), Andi Jam’an, SE, Msi (Sekretaris Tim Pembukaan prog.MM Unismuh) berkembang lagi pembicaraan yang tidak hanya Program Magister Manajemen tapi juga kebutuhan akan dokter di Indonesia Timur yang cukup tinggi sementara penyelenggara pendidikan FK sangat kurang di Indonesia Timur.

Pembicaraan tersebut diatas oleh Pembantu Rektor I disampaikan pada rapat rutin pimpinan unismuh makassar yang dipimpin oleh Rektor Unismuh Drs.Irwan Akib.MPd dan dihadiri ketua BPH KH.Djamaludin Amien serta pimpinan lainnya.

Dalam beberapa kali rapat Rektor dan ketua BPH sangat merespon gagasan pembukaan FK di Unismuh Makassar ,dan selanjutnya rapat mengamanahkan kepada Pembantu Rektor I Unismuh (Abd. Rahman Rahim, SE, MM) untuk melakukan penjajakan awal dengan Fakultas Kedokteran UNHAS dan mengunjungi FK UMJ di Jakarta dan FK UMY di Yogyakarta dalam rangka pembukaan Fakultas Kedokteran di Unismuh Makassar.

Di FK Unhas A. Rahman Rahim menemui lebih awal secara informal Dr. Budu, Ph.D ,Sp.M .(Ketua Medical Education Unit ) yang juga adalah kader IMM Unhas, selanjutnya dalam banyak pembicaraan berkaitan dengan pembukaan FK Unismuh dilakukan secara informal di Masjid Bukit Baruga Antang Makassar (keduanya adalah jamaah masjid Bukit Baruga) Tahun 2006 Setelah segala sesuatunya sudah dianggap cukup memadai, maka untuk pertama kalinya secara formal Rektor Unismuh (Drs.Irwan Akib. MPd) bersama Pembantu Rektor I (Abd.Rahman Rahim,SE,MM) difasilitasi oleh ketua MEU FK Unhas (Dr. Budu.Ph.D ,Sp.M) bersilaturahmi dengan Dekan Fak.Kedokteran Unhas (Dr. Irawan Yusuf, Ph.D) sekaligus menyampaikan rencana membuka FK di Unismuh Makassar dan dibawah binaan FK Unhas.

Seperti gayung bersambut oleh Dekan FK Unhas menanggapi dan merespon dengan baik rencana tersebut dengan terlebih dahulu menyampaikan beberapa hal yang harus dipertimbangkan dan dipersiapkan secara matang oleh Unismuh Makassar sebelum mengajukan permohonan pembukaan prodi kedokteran ke Dirjen Dikti Diknas RI.

Setelah pertemuan dengan Dekan FK Unhas, Rektor UNISMUH Makassar Drs. Irwan Akib, M.Pd, membentuk Tim Persiapan Pendirian Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Program Studi Kedokteran sesuai dengan Surat Keputusan Rektor Nomor:139 tahun 2006, tanggal 21 Desember 2006.

Setelah pengangkatan Tim Pembukaan Fakultas Kedokteran yang diketuai oleh Ir.Ifayani Hanuraat, MM dan penanggung jawab Abd.Rahman Rahim , segera panitia bergerak cepat dengan melakukan beberapa tahap persiapan di tingkat Universitas melalui berbagai rapat dan pertemuan baik internal unismuh maupun pihak ekternal unismuh dalam jangka waktu 1 tahun seperti: Penandatangan MOU kerjasama dengan Fakultas Kedokteran Unhas dan Rumah Sakit Umum Syekh Yusuf Gowa, penyediaan sarana prasarana pendidikan FK Unismuh (Ruang belajar, laboratorium, dll), Dosen maupun SDM lainnya, dan pada tahun 2007 proposal pendirian Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UNISMUH diusulkan ke Dirjen DIKTI Diknas RI di Jakarta.

Dari hasil usulan tersebut maka pada tanggal 16-17 Mei 2008 oleh Tim KKI (Konsil Kedokteran Indonesia) melakukan visitasi ke Universitas Muhammadiyah untuk melihat kelayakan pembukaan program studi.
Alhamdulillah dengan segala rasa syukur kepada Allah SWT, pada tanggal 29 Juli 2008, keluarlah izin operasional dari Dirjen Dikti untuk Program Studi Kedokteran dengan No. 2422/D/T/2008
Tahun 2008 (Agustus) untuk pertama kalinya menerima mahasiswa baru sejumlah 50 orang dari 100 an peminat.
Menambah jumlah dosen tetap dan staf administrasi lainnya.

X