BIOETIK FESTIVAL BLOK ETIK DAN HUMANIORA PRODI KEDOKTERAN 2021: BAHAS BIOETIK ERA PANDEMI COVID-19
October 13, 2021 No Comments covid19,Komisi Etik,news fkunismuh

FKIK Unismuh – Blok Bioetik dan Humaniora Program Studi Kedokteran, Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, pada Rabu, 13 Oktober 2021 menyelenggarakan Bioetik Festival (Biofest) secara daring menggunakan aplikasi zoom. Bioetik festival merupakan kegiatan rutin tahunan Mahasiswa Program Studi Kedokteran yang sedang memprogramkan Blok (mata kuliah) Bioetik dan Humaniora.

Biofest 2021 mengambil fokus perspektif era pandemi Covid-19; dari segi Etika Profesionalisme Dokter, Hukum dan HAM, Pandangan Islam, serta Pembelajaran Bioetik. Dekan FKIK Unismuh Makassar, Prof. DR. dr. Suryani As’ad, M.Sc, Sp.KG (K), yang juga merupakan salah satu pembicara menyampaikan materi “Etika Profesionalisme Dokter Selama Masa Pandemi Covid-19”.

DR. dr. Muji Iswanty, SH, MH, Sp.KK, M.Kes, C.Med. hadir membawakan topik “Hukum dan HAM Selama Masa Pandemi Covid-19”. dr. Ihsan Jaya, S.Ked. selanjutnya menyampaikan topik “Pandangan Islam Terhadap Masa Pandemi Covid-19”. Pembicara dari mahasiswa Blok Bioetik dan Humaniora, yang juga merupakan Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kedokteran Unismuh, M. Yobi Nugroho Budiman membawakan materi “Pembelajaran Bioetik Selama Masa Pandemi Covid-19”.

Kegiatan ini, disamping dihadiri terutama oleh mahasiswa Prodi Kedokteran peserta Blok Bioetik dan Humaniora, juga dihadiri oleh peserta umum. Panitia pelaksana menyiapkan format kegiatan yang terbuka untuk umum, menyebarkan e-flayer pengumuman kegiatan secara luas di sosial media, dan menyediakan link pendaftaran yang terbuka bagi siapa saja. Kegiatan ini juga disertai live streaming di official youtube channel BEM FK Unismuh.

Meskipun dilaksanakan secara daring, antusiasme peserta tampak tinggi, ditandai dengan banyaknya tanggapan dan pertanyaan yang diajukan oleh peserta biofest, hingga melewati alokasi waktu yang telah disediakan. Hingga akhir acara, masih terlihat 140-an orang peserta yang tampak hadir mengikuti kegiatan lewat aplikasi zoom.

Kegiatan ini dimoderatori oleh salah seorang Dosen Blok Bioetik dan Humaniora FKIK Unismuh dr. S. Zulfikar G. Assegaf, MH (Kes). Di awal acara pembukaan, tampil dr. A. Weri Sompa, M.Kes, Sp.S menyampaikan kata sambutan mewakili pimpinan Fakultas.

About The Author
X