FKIK Unismuh Gelar Workshop Penulisan Naskah Publikasi Internasional Terindeks
September 3, 2021 No Comments news fkunismuh

Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar workshop penulisan naskah publikasi internasional terindeks secara daring, dan serial selama empat pekan, yaitu tanggal 14, 21, 28 Agustus, dan 4 September 2021.

Workshop ini diselenggarakan oleh FKIK Unismuh bekerjasama dengan Publication Management Center (PMC) Universitas Hasanuddin Makassar (http://pmc.unhas.ac.id/index.php/en/), yang dengan antusias menurunkan para pemateri dengan indeks tinggi (H-Index Scopus 6-15). Pelaksanaan workshop dibuat dengan format pelatihan penyusunan karya ilmiah, sekaligus diskusi, sharing pengalaman, dan review atas naskah ilmiah yang dimiliki oleh para peserta.

Workshop pendampingan penulisan naskah publikasi internasional terindeks bagi dosen FKIK Unismuh Makassar dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kompetensi dosen dalam penulisan karya ilmiah terindeks scopus internasional. Output yang diharapkan dari setiap peserta setelah mengikuti workshop adalah artikel/naskah yang siap dipublikasikan pada jurnal internasional, atau minimal terindeks secara nasional. Outcome dari publikasi tersebut nantinya akan berdampak langsung kepada peringkat Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, bahkan terhadap Universitas Muhammadiyah Makassar secara umum.

Kepanitiaan Workshop diketuai oleh Juliani Ibrahim, M.Sc, Ph.D yang juga merupakan Ketua Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat FKIK Unismuh, sekaligus Ketua Pengelola Al-Iqra Medical Journal: Jurnal Berkala Ilmiah Kedokteran, terbitan FKIK Unismuh Makassar. (https://journal.unismuh.ac.id/index.php/aimj).

Peserta pendampingan sebanyak empat puluh orang dosen dari seluruh program studi (prodi) lingkup FKIK Unismuh Makassar, yaitu: Prodi S1 Pendidikan Dokter, Prodi Profesi Dokter, Prodi S1 Farmasi, Prodi D3 Keperawatan, dan Prodi D3 Kebidanan.

Prof. Dr. dr. Suryani As’ad, M.Sc, Sp.GK(K) selaku Dekan FKIK Unismuh Makassar, sekaligus pemateri pertama dalam worksop ini menyampaikan kepentingan publikasi bagi dosen, institusi FKIK dan Unismuh; juga tantangan dan potensi FKIK Unismuh dalam hal publikasi ilmiah. Selain Dekan FKIK Unismuh, para pemateri yang diturunkan dari PMC Unhas adalah Prof. Dahlang Tahir (H-Indeks Scopus 15), apt. Firzan Nainu, Ph.D (H-Index Scopus 7), Prof. Muhammad Arsyad, Ph.D (Direktur PMC Unhas, H-Index Scopus 9), dan Andi Dirpan, Ph.D (Sekertaris PMC Unhas, H-Index Scopus 6).

About The Author
X