Prodi D3 Keperawatan FKIK Unismuh Raih Peringkat Akreditasi ‘Baik Sekali’
October 26, 2021 No Comments news fkunismuh

FKIK Unismuh – Program Studi Diploma III Keperawatan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar berhasil meraih peringkat akreditasi ‘Baik Sekali’. Akreditasi tersebut dikeluarkan Pengurus Perkumpulan Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM PT-Kes) Indonesia.

Raihan akreditasi tersebut tertuang dalam SK LAM-PTKes No 0431/LAM-PTKes/Akr/Dip/X/2021, yang ditandatangani Ketua LAM-PTKes Prof. dr. Usman Chatib Warsa, Sp.MK, PhD tertanggal 15 Oktober 2021. Secara keseluruhan, nilai yang diperoleh Program D III Keperawatan FKIK Unismuh sebesar 321.

Ketua Prodi D3 Keperawatan FKIK Unismuh Ratna Mahmud S.Kep, Ns, M.Kes menyampaikan rasa syukurnya atas pencapaian akreditasi tersebut. Menurutnya, timnya telah bekerja keras memenuhi standar penilaian 9 kriteria terbaru.

“Teman-teman telah bekerja keras, mulai dari mempelajari panduan, menelaah matriks penilaian, mengikuti workshop, serta mengisi Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) dan Laporan Evaluasi Diri (LED) serta bukti pendukungnya. Termasuk pendampingan dari Ibu Isriyani,” jelas Ratna.

Kedepan, ungkap Ratna, Prodi Keperawatan FKIK Unismuh Makassar akan membangun budaya mutu berkelanjutan. “Bukan hanya untuk kepentingan akreditasi, tapi sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada masyarakat, dan persyarikatan,” jelasnya.

Prodi Keperwatan FKIK Unismuh juga akan terus mengembangkan Kerjasama, baik dalam maupun luar negeri, untuk mendukung pelaksanaan Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah.

Apresiasi Dekan FKIK

Dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Unismuh Makassar Prof. Dr. dr. Suryani As’ad, M.Sc, Sp.GK (K) menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan dalam pencapaian tersebut, baik langsung maupun tidak langsung.

“Secara khusus saya ingin berterima kasih kepada tim prodi di lini grass root, yang telah bekerja keras. Terima kasih pula untuk Tim Penjaminan Mutu, para Pimpinan Fakultas, serta tentu saja dukungan dari Rektorat dan Badan Pembina Harian (BPH) Unismuh,” jelas Suryani, di Kampus Unismuh Makassar, Jl Sultan Alauddin, Sabtu (23/10/2021).

Mengurus akreditasi, lanjutnya, merupakan aktualisasi perbaikan kualitas secara berkelanjutan. “Akreditasi tidak bisa dilepaskan dari implementasi kualitas layananan dalam aktivitas keseharian, pada setiap komponen pengelolaan, baik aspek akademik maupun non akademik,” jelas Wakil Ketua Kolegium Dokter Spesialis Gizi Klinik Indonesia ini.

Pencapaian ini, menurut Prof. Suryani, sudah sesuai dengan target berdasarkan kondisi objektif. “Tentu kami belum puas. Masih dibutuhkan upaya optimal, tekad yang bulat, insya Allah Predikat unggul harus diraih,” jelasnya.

Ia mengaku beruntung, memimpin fakultas dengan tim yang memiliki nilai kebersamaan yang solid dan saling mendukung satu sama lain.

Suryani juga mengakui, kendala terbesar yang dihadapinya soal sumber daya manusia. “Kedepan kami akan terus mencari terobosan untuk mengatasinya,” pungkasnya.

Namun pekerjaan rumah belum selesai, Tim FKIK Unismuh masih harus bekerja keras selama tiga bulan kedepan. Empat prodi di FKIK juga akan menjalani proses akreditasi.

“November dan Desember 2021, serta Januari 2022, atau 3 bulan berturut-turut, Prodi Kedokteran, Prodi Farmasi, Prodi Profesi Dokter dan Prodi Kebidanan akan menghadapi akreditasi. Mohon doa ta’ semua, semoga Allah yang Maha Kuasa senantiasa memberi kemudahan, amin,” tutup Dekan FKIK Unismuh Makassar ini.

About The Author
X