PROGRAM KEDOKTERAN FKIK UNISMUH SELENGGARAKAN PELATIHAN & PENYEGARAN TUTOR PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM DAN ISTRUKTUR PEMBELAJARAN KETERAMPILAN KLINIK
February 23, 2023 No Comments news,Prodi S1 Kedokteran fkunismuh

Prodi Kedokteran FKIK Unismuh- Metode pembelajaran dalam pendidikan kedokteran antara lain problem based learning (PBL), dan clinical skill learning (CSL). Problem based learning atau pembelajaran berbasis masalah adalah metode pembelajaran dengan memberikan skenario problem pasien kepada mahasiswa. Mahasiswa selanjutnya secara aktif (active learning) diarahkan untuk merumuskan konsep kunci, menelusuri masalah terkait, mencari referensi yang relevan, kemudian merumuskan langkah-langkah penyelesaian masalah yang diperlukan; terkait pemeriksaan tambahan yang dibutuhkan, kemungkinan diagnosis, serta penatalaksanaannya. Mahasiswa selanjutnya didorong untuk bersikap aktif dengan berdiskusi, memberikan pendapat, menambahkan informasi yang diperlukan, membangun interaksi dengan teman, serta melatih keterampilan komunikasi.  Tujuan metode pembelajaran ini adalah membangun paradigma berpikir mahasiswa dalam menyelesaikan masalah kesehatan nyata pada pasien.  Peran tutor dalam metode ini adalah selaku mediator dan fasilitator, antara lain memberikan umpan balik positif terhadap performance mahasiswa.

Clinical Skill Learning atau pembelajaran keterampilan klinis bertujuan untuk melatih kompetensi keterampilan klinis bagi mahasiswa kedokteran. Keterampilan klinis dimaksud sesuai dengan komponen kompetensi yang telah ditetapkan dalam Standar Kompetensi Dokter Indonesia, terbitan Kolegium Kedokteran Indonesia. Keterampilan klinis tersebut berupa keterampilan prosedural dalam melakukan keterampilan klinis, baik anamnesis, pemeriksaan fisik, pemeriksaan tambahan, serta dalam membaca dan memberikan analisis terhadap hasil pemeriksaan.

Pelatihan tutor problem based learning dan istruktur clinical skill learning bertujuan untuk memberikan penyegaran bagi dosen tutor dan instruktur lama, serta pelatihan bagi dosen tutor dan instruktur baru, mengenai filosofi dasar, struktur proses pembelajaran, hingga simulasi pelaksanaan tutorial PBL dan CSL secara berkelompok. Pada akhir setiap sesi, dilakukan diskusi dan pemberian umpan balik dari fasilitator kegiatan, dr. Ummu Kalzum Malik, M.Med.Ed, Sp.PA serta dr. Dzata Bahjah. Kegiatan diikuti oleh Dosen-dosen Program Studi Kedokteran FKIK Unismuh, Makassar.

X