MASUKI SEMESTER GENAP, PRODI S1 KEDOKTERAN SELENGGARAKAN LOKAKARYA PEMBUATAN SOAL MULTIPLE CHOICE QUESTION (MCQ) BAGI DOSEN PENGAMPU MATA KULIAH BLOK
June 4, 2022 No Comments news,Prodi S1 Kedokteran fkunismuh

Prodi S1 Kedokteran FKIK Unismuh- Visi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar adalah melahirkan lulusan yang unggul. Untuk mewujudkan visi tersebut, pendidikan akademik kedokteran harus memiliki standar kualitas yang unggul, tidak saja dalam hal input dan sarana, namun juga proses, evaluasi dan pengambangan selanjutnya.

Salah satu komponen penting dalam proses akademik mahasiswa adalah ujian, yang menuntut kualitas, sesuai dengan tujuan pembelajaran dan komponen kompetensi yang telah ditetapkan melalui Standar Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI).

FKIK unismuh Makassar telah memiliki Student Assesment Unit (SAU) dengan tupoksi membangun bank soal, memberikan review struktural terhadap soal-soal yang akan disajikan kepada mahasiswa, evaluasi terhadap hasil ujian terkait kualitas struktur, konten dan relevansi soal, serta memberi umpan balik kepada dosen-dosen pengampu mata kuliah yang juga merupakan para pembuat soal.

Memasuki semester genap 2021, Prodi Sarjana Kedokteran selenggarakan Lokakarya Pembuatan Soal Multiple Choice Question (MCQ) Bagi Dosen Pengampu Mata Kuliah Blok. Lokakarya menargetkan output berupa soal-soal blok yang terstandar, mengikuti kaidah-kaidah struktur soal yang berkualitas, sejalan dengan blueprint kurikulum, serta komponen kompetensi dalam SKDI.

Kegiatan lokakarya diikuti oleh Dosen Pengampu Blok Semester Genap Prodi Sarjana Kedokteran, dengan fasilitator dr. Sumarni, Sp.JP (K) dan DR. dr. Ami Febriza, M.Kes. Kegiatan berlangsung pada Sabtu 4 Juni 2022 bertempat di Aula Lt. 1 FKIK Kampus Unismuh, Jl. Sultan Alauddin,  Makassar.

Materi pertama lokakarya disampaikan oleh Ketua Prodi S1 Kedokteran, DR. dr. Ami Febriza, M.Kes yang menjelaskan keharusan soal-soal yang diujiankan kepada mahasiswa searah dengan blueprint kurikulum dan learning objctive mata kuliah. Sementara materi kedua oleh dr. Sumarni, Sp.JP (K), menjelaskan struktur soal yang sesuai dengan standar Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Pendidikan Dokter (UKMPPD), beserta tips dan trik penyusunannya. Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab, dan diakhiri dengan praktik pembuatan soal oleh dosen-dosen pengampu mata kuliah blok semester genap yang hadir.

About The Author
X