Sambut 402 Mahasiswa Baru, FKIK Unismuh Makassar Selenggarakan Pelatihan LS-IT
September 20, 2021 No Comments event,news fkunismuh

FKIK Unismuh– Mahasiswa baru Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Unismuh Makassar tahun ajaran 2021/2022 mendapatkan orientasi dan pembekalan, berupa overview yang dilengkapi dengan pelatihan keterampilan praktis, bagaimana menjalani proses pendidikan di FKIK Unismuh. Kegiatan rutin menyambut mahasiswa baru FKIK tersebut adalah pelatihan Learning Skill and Information Technology (LS-IT) lewat zoom cloud meeting (online).

Kegiatan LS-IT berlangsung selama dua pekan, yaitu 6–17 September 2021. Pelatihan diikuti oleh 402 orang peserta yang merupakan mahasiswa baru dari empat program studi (selain Prodi Profesi Dokter) di FKIK Unismuh Makassar, yakni: Prodi Kedokteran, Prodi Kebidanan, Prodi Keperawatan dan Prodi Farmasi.

Dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Unismuh Makassar, Prof. Dr. dr. Suryani As’ad, M.Sc, Sp.GK(K) berharap mahasiswa baru Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unismuh Makassar dapat mengikuti dan mencermati kegiatan ini dengan baik; agar nantinya dapat beradaptasi dan mengikuti proses perkuliahan dengan optimal, dan pada akhirnya bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Materi-materi yang disajikan dalam pelatihan ini adalah: Peraturan dan Panduan Akademik; Administrasi Keuangan; Pemaparan Kurikulum masing-masing Prodi; Overview Kegiatan Pendidikan Klinik; Pengenalan aplikasi video conference: zoom meeting dan Pengenalan e-Learning; Assignment e-Learning : membuat video Profil Diri, alasan masuk Kedokteran; Tadarus Al-Qur’an dan sharing session; Sistem Pembelajaran Daring (SPADA); Teknik Presentasi dan pembuatan video; Learning Tools and Mind Maps beserta Assignment e-Learning; Literature Searching; Pengisian KRS Online; Basic Life Support disertai Assignment e-Learning: video skill BLS; Etika Mahasiswa FKIK Unismuh; Protokol Kesehatan Pandemi Covid-19; Standar Karakteristik dan Kompetensi Lulusan Universitas Muhammadiyah; Sosialisasi Alter (aplikasi pembelajaran); Peran mahasiswa FKIK Unismuh serta arah pembinaan lembaga mahasiswa FKIK Unismuh; Sosialisasi Unismuh Medical Center (UMC); Manajemen Stress; Penjelasan (Problem Based Learning) PBL, (Clinical Skill Learning) CSL, dan (Team Based Learning) TBL; Upaya Pengembangan Potensi Diri dalam Mencapai Prestasi Belajar; Cara Membaca Cepat dan Note Taking; Assignment e-Learning : membuat video Potensi Diri / Bakat; Pengenalan Ilmu Biomedik: Anatomi Dasar dan Terminologi; Histologi Dasar, Fisiologi Dasar, Biokimia Dasar; Nutrition Need for Optimal Learning; Standar Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI); Tes TOEFL; Sistem Informasi Akademik dan Pengisian Database Mahasiswa; Sosialisasi Penggunaan Mobile JKN; Praktik Tutorial dan Pleno; Pengenalan Lembaga Kemahasiswaan: Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Tim Bantuan Medis (TBM), Asian Medical Students Association (AMSA), MARC, MAC, dan MSU; Sharing session Alumni FKIK Unismuh Makassar; Orientasi lingkungan Fakultas; serta Sosialisasi M3 (aplikasi pembelajaran). Semua materi pelatihan LS-IT tersebut disampaikan dan difasilitasi oleh dosen-dosen FKIK Unismuh Makassar, dibantu oleh staf kependidikan, administrasi dan IT di lingkungan FKIK Unismuh.

Ketua Panitia, dr. Zulfikar Assegaf, MH (Kes.) mengatakan, Basic Life Support (BLS) merupakan salah satu materi yang diberikan kepada peserta pelatihan, karena merupakan implikasi dari visi dan misi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unismuh Makassar, yakni menghasilkan lulusan yang unggul dalam kegawatdaruratan medis.

About The Author
X